Penatalaksanaan diet ileus obstruksi

Obstruksi disertai proses strangulasi Gejalanya seperti obstruksi sederhana tetapi lebih nyata dan disertai dengan nyeri hebat. Kolon transversum. Penderita tampak gelisah dan menggeliat sewaktu kolik dan setelah satu dua kali defekasi tidak ada lagi flatus atau defekasi.

Usus dua belas jari merupakan organ retroperitonealyang tidak terbungkus seluruhnya oleh selaput peritoneum. Permukaan dalam usus kosong berupa membran mukus dan terdapat jonjot usus viliyang memperluas permukaan dari usus. Menghilangkan penyebab obstruksi adalah tujuan kedua. Persiapan Pipa lambung harus dipasang untuk mengurangi muntah, mencegah aspirasi dan mengurangi distensi abdomen dekompresi.

Penderita penyumbatan usus harus di rawat di rumah sakit. Usus halus Usus halus atau usus keciladalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak di antara lambung dan usus besar.

Suhu tubuh bisa normal sampai demam. Gangguan vaskularisasi menyebabkan mortalitas yang tinggi, air dan elektrolit dapat lolos dari tubuh karena muntah.

Dinding usus juga melepaskan sejumlah kecil enzim yang mencerna protein, gula dan lemak. Pada inspeksi diperhatikan pembesaran perut yang tidak pada tempatnya misalnya pembesaran setempat karena peristaltis yang hebat sehingga terlihat gelombang usus ataupun kontur usus pada dinding perut.

Ileum memiliki pH antara 7 dan 8 netral atau sedikit basa dan berfungsi menyerap vitamin B12 dan garam-garam empedu. Pada obstruksi usus halus proksimal akan timbul gejala muntah yang banyak, yang jarang menjadi muntah fekal walaupun obstruksi berlangsung lama.

Medikamentosa Obat pertama: Semakin distal sumbatan, maka muntah yang dihasilkan semakin fekulen. Bila akibat refluks isi kolon terdorong ke dalam usus halus, akan tampak gangguan pada usus halus. Bila dijumpai tanda-tanda strangulasi berupa nyeri iskemik dimana nyeri yang sangat hebat, menetap dan tidak menyurut, maka dilakukan tindakan operasi segera untuk mencegah terjadinya nekrosis usus.

Dinding usus besar tipis, sehingga mudah distensi. Pasien dipuasakan, kemudian dilakukan juga resusitasi cairan dan elektrolit untuk perbaikan keadaan umum.

Dapat terjadi syok hipovolemik, absorbsi dari toksin pada usus yang mengalami strangulasi.

PENATALAKSANAAN ILEUS OBSTRUKTIF

Pada ileus obstruktif letak rendah jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rektosigmoidoskopi dan kolon dengan colok dubur dan barium in loop untuk mencari penyebabnya.

Muntah lebih sering terjadi pada penyumbatan usus besar. Mukosa usus halus Permukaan epitel yang sangat halus melalui lipatan mukosa dan makro villi memudahkan penernaan dan absorpasi c.

Dengan stetoskop, diperiksa suara normal dari usus yang berfungsi bising usus. Pasien dipuasakan, kemudian dilakukan juga resusitasi cairan dan elektrolit untuk perbaikan keadaan umum. Banyaknya bakteri yang terdapat di dalam usus besar berfungsi mencerna beberapa bahan dan membantu penyerapan zat-zat gizi.

Gaster lambung Merupakan bagian dari saluran pencernaan yang dapat mengembang paling banyak terutama didaerah epigaster. Obstruksi sederhana Obstruksi usus halus merupakan obstruksi saluran cerna tinggi, artinya disertai dengan pengeluaran banyak cairan dan elektrolit baik di dalam lumen usus bagian oral dari obstruksi, maupun oleh muntah.

Faring Faring merupakan organ yang menghubungkan rongga mulut dengan kerongkongan, merupakan persimpangan jalan nafas dan jalan makanan, letaknya dibelakang rongga mulut dan didepan ruas tulang belakang.

Biasanya distensi terjadi pada sekum dan kolon bagian proksimal karena bagian ini mudah membesar. Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh dengan mesenterium. Terletak dibawah kolon sigmoid yang menghubungkan intestinum mayor dengan anus. Dinding usus halus kuat dan tebal, karena itu tidak timbul distensi berlebihan atau ruptur.

Pada pemeriksaan radiologis, dengan posisi tegak, terlentang dan lateral dekubitus menunjukkan gambaran anak tangga dari usus kecil yang mengalami dilatasi dengan air fluid level.

Makanan masuk ke dalam duodenum melalui sfingter pilorus dalam jumlah yang bisa di cerna oleh usus halus. Pintas usus 3.Terapi ileus obstruksi biasnya melibatkan intervensi bedah. Penentuan waktu kritis serta tergantung atas jenis dan lama proses ileus obstruktif.

Operasi dilakukan secepat yang layak dilakukan dengan memperhatikan keadaan keseluruhan pasien (Sabiston, ).Author: Juliardinsyah. Slim-XR unterstützt Sie aber sehr erfolgreich dabei und macht Ihnen dies so einfach sofort lieferbar · nur 8 € / Monatspaket · schnelle LieferungEinfach und schnell abnehmen mit Slim-XR.

ileus obstruktif adalah dimana keadaan dimana isi lumen saluran cerna tidak bisa disalurkan ke distal atau anus. Untuk mengetahui Penatalaksanaan Ileus obstruktif. 2. Konsep keperawatan: Untuk mengetahui Pengkajian terhadap klien dengan Ileus obstruktif. Untuk mengetahui Diagnosa keperawatan terhadap klien dengan Ileus obstruktif.

Untuk mengetahui WOC terhadap klien dengan Ileus obstruktif. Untuk mengetahui Rencana asuhan keperawatan terhadap klien dengan Ileus obstruktif. BAB II KONSEP. Pada ileus paralitik nyeri yang timbul lebih ringan tetapi konstan dan difus, dan terjadi distensi abdomen.

Ileus paralitik, bising usus tidak terdengar dan tidak terjadi ketegangan dinding perut. Bila ileus disebabkan oleh proses inflamasi akut, akan ada tanda dan gejala dari penyebab primer tersebut.

Gastroenteritis akut, apendisitis akut, dan pankreatitis akut juga dapat menyerupai obstruksi usus. Ileus obstruksi adalah gangguan pada aliran normal isi usus sepanjang traktus intestinal.

Obstruksi usus dapat akut atau kronis, parsial atau total (komplit), keperahann ya terg antung pada usus yang terkena, derajat dimana lumen tersumbat dan khususnya derajar .

Penatalaksanaan diet ileus obstruksi
Rated 5/5 based on 28 review