Gula di dalam tubuh akan dipecah menjadi lemak pdf

Dalam tubuh monosakarida langsung di serap oleh dinding - dinding usus halus dan masuk kedalam peredaran darah. Diantaranya karbohidratproteindan lemak. Selanjutnya, ke pembuluh balik bawah selangka kiri.

Kelebihan lemak ini biasanya akan menumpuk pada bagian tertentu pada tubuh seperti perut, pinggul, dan paha, namun yang paling jelas terlihat pada bagian perut.

Selanjutnya glukosa mengalami glikolisis, diikuti dengan oksidasi piruvat sampai dengan siklus asam sitrat. Asam lemak bebas akan menembus jaringan lemak atau sel otot untuk diubah menjadi trigliserida kembali sebagai cadangan energi.

PENGERTIAN GLUKOSA DARAH

Jika sewaktu-waktu tak tersedia sumber energy dari karbohidrat barulah asam lemak dioksidasi, baik asam lemak dari diet maupun jika harus memecah cadangan trigliserida jaringan. Dekarboksilasi oksidatif Tahapan dekarboksilasi oksidatif, yaitu tahapan pembentukan CO2 melalui reaksi oksidasi reduksi redoks dengan O2 sebagai penerima elektronnya.

Dari Karbohidrat Sampai Jadi Energi Dalam Tubuh: Begini Prosesnya

Selanjutnya, senyawa tersebut akan diserap jonjot usus dan akan terurai menjadi asam lemak dan garam empedu. Karnitin kemudian akan keluar mitokondria untuk membawa sil lemak-KoA yang lainnya. Hidroksietil TDP bertemu dengan lipoamid teroksidasi, suatu kelompok prostetik dihidroksilipoil transasetilase untuk membentuk asetil lipoamid, selanjutnya TDP lepas.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama. Di dalam sel tersebutlah terjadi aktivitas perubahan reaksi-reaksi untuk menghasilkan energy yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk mengetahui reaksi metabolisme proten.

Lemak akan dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan enzim lipase. Pembentukan micelles akan melarutkan lemak yang selanjutnya memungkinkan lemak tersebut di absorbsi melalui sel epitel usus halus.

Semua unsur makanan sama pentingnya bagi tubuh karena saling melengkapi dan menjaga keseimbangan tubuh. Jika tak tersedia oksigen anaerobtak terjadi reoksidasi NADH melalui pemindahan unsur ekuivalen pereduksi.

metabolisme-lemak.pdf

Katabolisme makanan mulai terjadi pada sistem pencernaan. Di dalam tubuh mamalia asam amino terbagi menjadi dua bagian yaitu asam amino esensial dan non esensial. Glukosa merupakan karbohidrat terpenting. Di dalam mitokondria, asil lemak kornitin akan bereaksi dengan koenzim A sehingga terbentuk asil lemak KoA dan karnitin kembali.Protein tidak dapat disimpan di dalam tubuh, sehingga kelebihan protein akan segera dibuang atau diubah menjadi zat lain.

Zat sisa hasil penguraian protein yang mengandung nitrogen akan dibuang bersama air seni dan zat sisa yang tidak mengandung nitrogen akan diubah menjadi karbohidrat dan lemak.

Oksidasi 1 gram protein dapat menghasilkan energi 4 kalori. Kelebihan protein dalam tubuh. Beberapa bakteri yang menghasilkan enzim selulosa untuk hidup di dalam usus dari beberapa mamalia seperti sapi, dan ketika sapi makan tanaman, selulosa dipecah oleh Author: Admincmm.

Saat tubuh dalam keadaan lapar/puasa dan tidak ada asupan makanan, tubuh mampu menggunakan lemak sebagai sumber energi menggantikan karbohidrat. Lemak-lemak di dalam tubuh akan dipecah menjadi asam lemak yang selanjutnya akan didegradasi melalui oksidasi α dan oksidasi vsfmorocco.com: Panji Tok.

Jika dalam kondisi puasa sehingga tidak ada makanan yang masuk, maka cadangan gugusan gula majemuk dalam hati akan dipecah dan dilepaskan ke dalam aliran darah. Jika ternyata masih diperlukan tambahan gula, maka cadangan kedua berupa lemak dan protein juga akan diuraikan menjadi glukosa (Lanywati, ).

Zat tepung di dalam tubuh kita dipecah menjadi gula.

Karbohidrat Dalam Makanan Pada Umunya Dibedakan Menjadi Karbohidrat

Zat tepung dapat Serat melewati tubuh kita tanpa dipecah menjadi gula. Meskipun tubuh kita tidak mendapatkan energi dari serat, kita masih perlu mengkonsumsi serat untuk tetap sehat.

Beta (β) Oksidasi Asam Lemak

Serat membantu menyingkirkan lemak berlebih dalam usus, yang membantu mencegah penyakit jantung. Serat juga membantu mendorong makanan melalui. Dalam proses metabolisme disakarida akan dipecah menjadi dua molekul monosakarida oleh enzim dalam tubuh 3 golongan disakarida yaitu: 1.

Sukrosa, terdapat pada gula tebu dan gula aren.

Hubungan Metabolisme Karbohidrat Lemak Dan Protein Pdf
Gula di dalam tubuh akan dipecah menjadi lemak pdf
Rated 3/5 based on 61 review